Eksplore Indonesia Melalui BBTF

Badung, faktabali.com - Menyongsong penyelenggaraan Bali & Beyond Travel Fair (BBTF) 26 sampai 30 Juni 2018 mendatang, Asosiasi Biro Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA) mengadakan gathering dan press conference di The Trans Hotel, Rabu (28/3/2018). 

Agenda ini bertujuan memperkenalkan event tahunan ASITA yaitu BBTF yang tahun ini menginjak tahun penyelenggaraan kelima.

"BBTF merupakan event internasional yang kami harap tiap tahun jumlah partisipan terus merangkak naik. Tahun lalu kami berhasil menghadirkan 200 operatur tur dari 38 negara. Per hari ini, jumlah yang sudah konfirmasi sebanyak 181 operator tur dari 42 negara yang hadir sebagai pembeli," ujar Ketua ASITA, Ketut Ardana. 

Dia melanjutkan, tahun ini untuk pertama kalinya BBTF juga akan diikuti oleh penjual mancanegara dari Thailand, Myanmar, Kamboja dan Kota Dubai Uni Emirat Arab . "Sekarang sudah ada 10 agen perjalanan wisata dari Thailand yang berminat menjadi "seller" di BBTF tahun ini," katanya.

Dengan menggandeng Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota di Bali, ASITA diharapkan bisa membantu mengembangkan pariwisata Bali di masing-masing daerah. Dia mengajak seluruh Dinas Pariwisata untuk selalu berkoordinasi dengan ASITA. 

"Jika daerah ada sesuatu yang bisa dikembangkan, ayo kita godok bersama-sama," ajaknya.

Mengusung tema "exploring the colours of Indonesia" ASITA dan Dinas Pariwisata Badung berharap event ini bisa menjadi marketplace terbesar Indonesia. Menurutnya, BBTF dirancang untuk menjadi Indonesia's Leading International Travel Fair. 

"Event ini merupakan kegiatan baru, memang masih ada beberapa Dinas yang tidak hadir," sebut Ardana. Meskipun begitu, dia yakin dengan sosialisasi dan berjalannya kegiatan BBTF ini nantinya akan membantu menyadarkan mereka bahwa BBTF merupakan event besar yang tak kalah dengan negara lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Made Badra, mendukung penuh BBTF. Tak tanggung-tanggung, Pemda Badung melalui Dispar bahkan menggelontorkan dana sebesar Rp7 Miliar untuk BBTF. "Dari BBTF target yang diharapkan bisa menjadi Rp7,8 triliun," ujarnya.

Menurutnya, ASITA adalah penarik gerbong pariwisata Bali karena membuat paket tour Bali and Beyond. "Saya harapkan BBTF bisa jadi event yang kita banggakan, bukan hanya Bali tapi juga Indonesia," harapnya.

Badra juga mengungkapkan, besar harapannya untuk ada peningkatan wisatawan ke Badung. Target tahun ini adalah 6,5 juta wisatawan mancanegara dan 10 juta wisatawan nasional. 

"Mari kita sukseskan event ini bersama-sama karena event ini bukan hanya milik ASITA atau Dinas Pariwisata. Tapi milik seluruh masyarakat yang juga akan menikmati hasilnya," pungkasnya.

 
Reporter : Ega 
Editor      : Ray Wiranata
REFER A COLLEAGUE
SELLER INVITATION
BUYER INVITATION